Kerja Kami

Perempuan Adat adalah Penopang Subsistensi Masyarakat Adat

Perempuan Adat Memaknai Kemerdekaan

Meretas Jalan Organisasi Perempuan Adat

PROGRAM KERJA

Periode: Tahun 2015-2020
Isu Strategis:
1. Penguatan perempuan adat untuk menjadi dirinya sendiri yang memiliki kesadaran kritis akan kedaulatan atas dirinya dan kehidupannya.
2. Terintegrasinya hak-hak perempuan adat dalam UU Pengakuan dan Perlindungan Hak-hak Masyarakat Adat, UU Kesetaraan dan Keadilan Gender, UU Kebudayaan, UU Pangan, UU Penangan Konflik Sosial, Peraturan Perundang-undangan lainnya, kebijakan dan program-program pembangunan di Indonesia, serta di dalam aturan-aturan di tingkat komunitas.
3. Memperkuat peran dan posisi perempuan adat dalam pengambilan keputusan terkait penguasaan dan pengelolaan wilayah adat dan sumber-sumber kehidupan di dalamnya yang berdasarkan pengetahuan dan ketrampilan perempuan adat.
4. Memperkuat sistem pewarisan pengetahuan dan ketrampilan perempuan adat antar generasi.
5. Membangun dan memperkuat mekanisme untuk memastikan kesetaraan dan keadilan gender dalam berbagai pola relasi dan pengambilan keputusan di tingkat keluarga, komunitas, organisasi, dan negara.
6. Penguatan kader dan kepemimpinan perempuan adat yang mandiri, kritis, serta sadar akan hak-hak perempuan adat dan masyarakat adat.
7. Membangun pemahaman tentang kesadaran tentang kekerasan terhadap perempuan adat serta membangun mekanisme pemulihan.